Langsung ke konten utama

Laporan Wisata Edukasi 7B

LAPORAN WISATA EDUKASI 7B
            Hari Kamis tanggal 19 Oktober 2017 bukanlah hari biasa, kami siswa kelas 7 SMP Labschool Jakarta akan melaksanakan Wisata Edukasi tahun 2017. Tujuan kali ini adalah PUSPIPTEK Serpong dan Among Putro SkyWorld dan Dunia Air Tawar di Taman Mini. Tujuannya memang tidak jauh karena memperhitungkan waktu perjalanannya. Kami memulai dengan mengenakan baju Batik Labschool dengan celana biru dan membawa jas lab serta baju angkatan. Kami dibagi menmjadi kelompok-kelompok kecil danbeberapa anak membawa kamea untuk merekam perjalanan kami. Karena, setelah Wisata Edukasi selsai, kami ditugaskan mrmbuat laporan video dengan rekaman kami sendiri. Nama saya Slenggoro Lantip dan saya akan menceritakan pengalaman saya di Wisata Edukasi Lbschool tahun 2017.
 07.00, kami berbaris di lapangan untuk pembukaan acara. Pembukaan itu juga diikuti oleh kelas 8 dan kelas 9 yang akan pergi juga ke tempat lain. Pembukaan diberikan oleh salah satu orang tua murid dan Pak Sarmili serta Pak Asdi. Setelah pembukaan acara, kami menuju bus-bus kami di lapangan. Para guru menyewa coach Panorama untuk menyediakan bus mereka. Kelas 7B mendapatkan Bus 2. Perjalanan sangatlah menyenangkan, kita melewati tol dan untungnya jalanan tidak terlalu macet. Perjalanannya bagiku sangat nyaman karena aku mendapat 2 kursi untukku sendiri dan AC-nya sejuk banget.
08.00, Kami sedang ada di perjalanan menuju PUSPIPTEK Serpong. Perjalanannya memakan waktu sekitar 2 jam. Saya duduk di sisi kiri baris 2. Saat kita sampai di PUSPIPTEK Serpong, kita disambut oleh pihak mereka. Kelas kami dibagi tugas laporan dan LKS di lab kimia LIPI. DI lab itu, terdapat mesin-mesin penelitian seperti HPLC, dll. Ada juga ruang yang khusus untuk mengetahui zat-zat dalam unsur tertentu yang memakai medan magnet yang agak kuat jadi berbahaya bagi jam tanganku. Kami juga diberikan LKS untuk dijawab. Kami diberitahu untuk tidak menyentuh apapun tanpa izin karena berkaitan dengan zat-zat kimia.Saat di lab, para asisten menunjukkan kami cara kerja dan operasional mesin-mesin tersebut. Saat pulang, kami sempat foto kelas di pintu gerbang lab. Lalu, kelas kami kembali ke bus kami.
12.00, Setelah menyelesaikan studi di PUSPIPTEK Serpong, kami menujuTaman Mini. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam. Kami makan siang KFC di dalam bus selama perjalanan. Kami sempat mengobrol di bus. Kami juga didampingi wali kelas kami Pak Kasdi. Setelah sampai di Taman Mini, kami Shalat Dzuhur di Masjid Pangeran Diponegoro dan memakai baju angkatan. Baju angkatan kami adalah baju biru toska dan abu-abu denagan tulisan “26 Labschool” di dadanya. Baju kami deidesain khusus oleh Pak Adi(guru Bahasa Indonesia kami). Tanpa panjang lebar, kami kembali ke bus kami untuk pergi ke Among Putro Skyworld.
13.00, Setelah shalat, kami disambut oleh panitia Taman Mini dengan menonton video. Lalu, kami melanjutkan tur kami di Among Putro Skyworld. Disana ada miniature-miniatur roket. penjelasan tentang para tokoh-tokoh yang berjasa dalam bidang astronomi. Disana juga terdapat penjelasan tentang planet-planet dalam tata surya kita. Disitu kami didampingi tour guidenya melalui bagian mission control, galeri, dll. Disana juga terdapat galeri tentang adanya kemungkinan eksistensi alien di alam semesta ini. Di Among Putro Skyworld kami juga sempat mengantri untuk menonton Cinema 5D. Kami mengantri cukup lama karena bergantian dengan sekolah lain. Ternyata, ruangan galeri cukup gerah dengan hanya satu AC dan satu kipas angin. Walaupun begitu, kami tetap mennonton film 5D yang mengasyikkan sekali. Tapi sebenarnya aku lebih suka kalau memakai VR. Setelah itu, kami di kantin untuk makan siang Pizza Hut. Kami menunggu agak lama untuk menonton Planetarium Digital(walaupun aku sudah pernah menontonnya). Planetarium Digital mengajari kami tentang sistem-sistem tata surya kita dan rasi bintang di atas kita. Planetarium itu seperti theater dengan kursi-kursi yang menghadap ke atas.
16.00, kami selesai menonton Planetarium Digital dan akan melanjutkan Shalat Ashar. Sayangnya, kami tidak jadi pergi ke Dunia Air Tawar karena mepet waktu. Setelah Shalat Ashar, kami menunggu sekitar 30 menit untuk waktu azan

Maghrib. Setelah melaksanakan Shalat Maghrib, kami kembali ke bus untuk memulai perjalanan pulang kembali ke Labschool.m Perjalanan kali ini cukup tenang karena jalanan cukup lancer dan saya masih memiliki 2 kursi untuk saya sendiri. Perjalanan bus pada malam hari jugadiiringi dengan hujan yang agak deras.

19.00, Kami akhirnya pulang ke Labscool! Setelah perjalan yang panjang, kami kembali ke sekolah kamI yang tercinta. Saya dijemput oleh Ibu saya di lobi utama. Bus-bus kami kembali parker di lapangan dan kami pun turun. Sungguh memang pengalaman yang mengasyikkan bagi kami.

Postingan populer dari blog ini

Libur Akhir Tahun

Libur Akhir Tahun 20-21 Desember 2017, Saya dan keluarga saya berpergian ke Surabaya . Kami kesana untuk menghadiri pernikahan keluargaku di Bromo. Kami juga kesana karena mobil kami akan dijual kepada pamanku di Surabaya. Kita mulai berangkat setelah Shalat Isya. Kami kesana dengan mobil setelah meresmikan mutasi mobil ke Surabaya. Saya, Bunda, dan Ayah saya ke Surabaya disupiri oleh paman saya, Mas Dar. Ambil rapor SMP Labschool dilaksanakan pada tanggal 22 Desember maka kami tidak sempat mengambil rapor karena sudah di Surabaya. Sebelum pergi, Ibu saya sudah meminta ijin untuk mengambil rapor setelah liburan. Perjalanan kami dari Jakarta ke Surabaya memakan waktu 1 hari. Saya dan ayah saya juga sempat Shalat Ashar di Masjid Agung Demak. 22-28 Desember 2017,           Sebagai tempat menginap, Ayah saya menyewa apartemen Tamansari Papilio untuk perjalanan-perjalanan kita ke Surabaya. Kami sampai di Papilio pada malam hari. Setelah perjalanan kami ke Surabaya yang sebelumnya

Liburan Sekolah 2018

Liburan Sekolah 2018(37) Oleh: Slenggoro Lantip SSA Kelas 8C              2 Juni 2018. Saya sudah naik ke kelas delapan setelah ujian yang panjang. Saya dan ibu saya berencana pergi ke Pontianak bersama sepupu saya, Faras. Kami berangkat pukul 07.00 ke Bandara Soekarno-Hatta. Kami diantar oleh supir ayah saya. Kami tiba di bandara pukul 08.00. Kami langsung check-in di Terminal 3 dan berangkat ke ruang tunggu. Pesawat kita parkir di Gate 21 jadi kami harus jalan ke ujung bandara untuk sampai ke sana. Pesawat kami adalah Garuda Indonesia dari Soetta ke Supadio. Kami mulai push-back pukul 10.30 tapi karena kepadatan pesawat, kami mengantri ke runway selama 45 menit. Sayangnya, pesawat yang kami naiki tidak memiliki Infotainment personal. Jadi saya sempat tidur di sana, sekitar 1 jam kemudian kami mendarat di Bandara Supadio Pontianak.             Kami dijemput oleh nenek saya dan langsung ke rumah tante saya untuk salam-salam dahulu. Lalu saya, ibu saya, sepupu saya, dan n