Langsung ke konten utama

Apa Itu Bebras?

Apa Itu Bebras?


Bebras adalah sebuah program ekstrakulikuler internasional(seperti KUMON tapi bukan matematika) yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan logika dan pemikiran komputer dalam diri seseorang. Bebras juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan informatika  dan problem solving dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara internasional. Bebras diciptakan oleh seorang profesor dari Universitas Vilnius di Lithuania bernama Valentina Dagiene. Ide utama Bebras adalah untuk menarik perhatian orang banyak terhadap teknologi komputer dan informatika, dan untuk menunjukkan bahwa media komputer dapat dimanfaatkan sebagai suatu sarana pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa, dan untuk menambah pemahaman mereka tentang dunia teknologi.
Bebras sendiri dalam bahasa Lithuania berarti “berang-berang”, yang dimaksud sebagai simbol untuk tantangan karena mereka selalu mempunyai target untuk mencapai kesempurnaan dan kesuksesan. Sekarang, Bebras sudah menjadi sebuah program internasional untuk berbagai ilmu informatika, para siswa berlatih dalam kursus dipimpin oleh guru yang dapat menggabungkan pembelajaran komputer dalam kegiatan belajar mengajar mereka. Bebras juga menjadi sebuah lokakarya(workshop) bagi guru-guru untuk membuat berbagai tantangan untuk melatih kemampuan berfikir para siswa dalam bentuk Bebras Task. Bebras Task yaitu sebuah tantangan kepada siswa untuk mengedukasi para siswa dengan konsep computational thinking dan problem solving.
Bebras juga menyelenggarakan kompetisi online untuk siswa dengan menggunakan Bebras Task. Bebras Task bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan bakat untuk berfikir informatika pada diri siswa, dan juga menambah kemampuan logika, problem solving, dan kreativitas dalam berfikir. Jadi, Bebras Task ini seperti quiz online yang bertujuan untuk menambah kemampuan siswa untuk berfikir kritis dan kreatif.
Soal Bebras dirancang agar membiasakan dan mengajarkan siswa untuk berpikir komputer lebih dalam, dan dengan berbagai topik informatika dan komputer. Soal Bebras juga mengandung unsur Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) karena merupakan bahan tantangan yang sudah biasa bagi siswa. Dan karena dirancang untuk bisa diselesaikan oleh anak SD, soal Bebras juga harus menarik, pendek, simple, dan juga mengandung unsur informatika dalam penyajian ataupun pelaksanaannya. . Soal Bebras juga dirancang sedemikian mungkin agar memikat minat siswa untuk mempelajari ilmu informatika komputer dan dapat diselesaikan oleh siswa pemula bahkan dalam waktu 3 menit saja.
Bebras juga mengadakan kompetisi internasional setiap tahun(Bebras Challenge) yang diikuti oleh lebih dari 50 negara dan pada tahun 2015 jumlah peserta yang menigkuti kompetisi Bebras mencapai 1,3 juta peserta didik. Indonesia sendiri pertama masuk dalam kompetisi Bebras pada tahun 2016 saat diundang ke workshop internasional pada Mei 2016  di Turki. Tujuan dari Bebras Challenge bukanlah untuk menang, tapi agar siswa belajar tentang ilmu informatika.
Berbagai kegiatan Bebras di Indonesia mencakup Lokakarya Nasional, Lokakarya untuk Guru, dan Tantangan Berpikir Komputasional yang diselenggarakan pada bulan November bersamaan daengan jadwal Komite Bebras Internasional. Lokakarya Nasional merupakan ajang untuk mengatur pelaksaan kegiatan Bebras, Lokakarya untuk Guru merupakan ajang bagi guru agar bisa menganalkan konsep informatika kepada siswa sebagai bekal untuk mengikuti Tantangan Bebras, dan Tantangan Berbikir komputasional di Indonesia dibagi kedalam 3 kategori, yaitu Siaga(SD), Penggalang(SMP), dan Penegak(SMA). Juga ada banyak sekali kegiatan lain yang direncanakan Bebras Indonesia untuk tahun-tahun kedepan seperti mengunadang negara asing, dll. Registrasi peserta dilaksanakan melalui akun siswa dalam website Olympia.id oleh sekolah yang dilaksanakan oleh Bebras Biro.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Libur Akhir Tahun

Libur Akhir Tahun 20-21 Desember 2017, Saya dan keluarga saya berpergian ke Surabaya . Kami kesana untuk menghadiri pernikahan keluargaku di Bromo. Kami juga kesana karena mobil kami akan dijual kepada pamanku di Surabaya. Kita mulai berangkat setelah Shalat Isya. Kami kesana dengan mobil setelah meresmikan mutasi mobil ke Surabaya. Saya, Bunda, dan Ayah saya ke Surabaya disupiri oleh paman saya, Mas Dar. Ambil rapor SMP Labschool dilaksanakan pada tanggal 22 Desember maka kami tidak sempat mengambil rapor karena sudah di Surabaya. Sebelum pergi, Ibu saya sudah meminta ijin untuk mengambil rapor setelah liburan. Perjalanan kami dari Jakarta ke Surabaya memakan waktu 1 hari. Saya dan ayah saya juga sempat Shalat Ashar di Masjid Agung Demak. 22-28 Desember 2017,           Sebagai tempat menginap, Ayah saya menyewa apartemen Tamansari Papilio untuk perjalanan-perjalanan kita ke Surabaya. Kami sampai di Papilio pada malam hari. Setelah perjalanan kami ke Surabaya yang sebelumnya

Liburan Sekolah 2018

Liburan Sekolah 2018(37) Oleh: Slenggoro Lantip SSA Kelas 8C              2 Juni 2018. Saya sudah naik ke kelas delapan setelah ujian yang panjang. Saya dan ibu saya berencana pergi ke Pontianak bersama sepupu saya, Faras. Kami berangkat pukul 07.00 ke Bandara Soekarno-Hatta. Kami diantar oleh supir ayah saya. Kami tiba di bandara pukul 08.00. Kami langsung check-in di Terminal 3 dan berangkat ke ruang tunggu. Pesawat kita parkir di Gate 21 jadi kami harus jalan ke ujung bandara untuk sampai ke sana. Pesawat kami adalah Garuda Indonesia dari Soetta ke Supadio. Kami mulai push-back pukul 10.30 tapi karena kepadatan pesawat, kami mengantri ke runway selama 45 menit. Sayangnya, pesawat yang kami naiki tidak memiliki Infotainment personal. Jadi saya sempat tidur di sana, sekitar 1 jam kemudian kami mendarat di Bandara Supadio Pontianak.             Kami dijemput oleh nenek saya dan langsung ke rumah tante saya untuk salam-salam dahulu. Lalu saya, ibu saya, sepupu saya, dan n